Senin, 15 Desember 2008

Kualitas Jamu Gendong

Kualitas sirup jamu gendong dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor paling penting adalah pengalaman dalam membuat sirup jamu gendong tersebut. Dengan mencoba beberapa cara seperti telah disampaikan sebelumnya, ditambah dengan cara lain yang dibuat sendiri akan meningkatkan ketrampilan dalam membuat sirup jamu gendong. Dengan berbagai cara yang sudah dilakukan, bisa didapatkan cara terbaik untuk menghasilkan kualitas sirup jamu gendong yang baik pula. Kualitas jamu gendong terbaik tidak diukur berdasarkan persepsi kita atas sirup tersebut tetapi berdasarkan penilaian orang-orang yang mengkonsumsi sirup tersebut. Dalam hal ini, kualitas sirup diukur berdasarkan rasa yang enak, aroma yang cocok dan kasiat yang sesuai dengan harapan mereka. Kualitas sirup juga diukur berdasarkan penampilan visualnya, stabilitas sirup tersebut dan daya tahan sirup selama penyimpanan.

Sebagai panduan awal dalam membuat sirup jamu gendong yang berkualitas tinggi, patut diperhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Kualitas bahan (empon-empon) yang dipakai. Bahan yang dipakai sebaiknya diambil dari tanaman yang sudah berumur antara 9 - 12 bulan, dibersihkan dari tanah dan kotoran lain yang menempel, bila perlu dikupas dan dicuci dengan air bersih.
  2. Kualitas gula yang dipakai berpengaruh juga pada kualitas sirup yang dibuat. Gula yang kristalnya halus biasanya kurang manis dibandingkan gula yang kristalnya lebih besar. Gula yang berwarna lebih putih belum tentu lebih baik dibandingkan gula yang berwarna lebih kuning. Pilihan terbaik adalah berdasarkan pengalaman selama mencoba berbagai cara membuat sirup jamu gendong tersebut.
  3. Bahan peningkat rasa dan kualitasnya yang dipakai untuk meningkatkan kualitas aroma dan rasa sirup berpengaruh atas kualitas sirup yang dihasilkan.

Tidak ada komentar: