Minggu, 21 Desember 2008

Membuat Usaha Rumahan Jamu Gendong



Setelah terampil dalam membuat sirup jamu gendong, dan menghasilkan produk yang berkualitas baik, maka tidak ada salahnya mulai merintis usaha dengan menjual sirup jamu gendong yang berkualitas baik. Model usaha skala rumahan (home industry) yang bisa dikembangkan dari produk-produk ini adalah:Menjual sirup Temulawak, sirup Kunyit Asam, sirup Jahe dan sirup lainnya, dalam kemasan botol, baik botol PET dan atau botol kaca.





Awalnya, penjualan bisa dilakukan perorangan, ke tetangga, teman dan kenalan lainnya. Bila hasil karya ini disukai, maka bisa dikembangkan lebih lanjut dengan membuat toko dan atau menunjuk agen atau distributor di area yang lebih luas.Membuka toko, disamping menjual sirup botolan, juga menjual minuman jamu gendong yang bisa di minum di toko tersebut. Toko ini bisa dikembangkan lebih lanjut denga membuka banyak toko di area tertentu, termasuk di pasar dan di mal. Menjual sirup-sirup ini dengan menggunakan jasa pedagang jamu gendong atau orang-orang yang ditunjuk dan dijadikan sebagai pedagang jamu gendong, mengedarkannya ke area tertentu dan diperlakukan persis seperti menjual jamu gendong.



Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha ini adalah:

  1. Kualitas sirup dan stabilitasnya (umur, daya tahan sirup dalam penyimpanan)

  2. Harga sirup, harus mencari konsumen yang mampu, mau dan menyukai jamu gendong.Area penjualan, harus cocok dengan harga dan kualitas sirup yang dijual.

  3. Jumlah konsumen yang menyukai kualitas sirup tersebut dan kecocokan harganya.

  4. Keuntungan relatif yang dikehendaki.


Tidak ada komentar: